ORGANISASI  INTERNASIONAL

Pengertian  organisasi internasional

Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.

Keberadaan organisasi internasional saat ini sangat penting bagi suatu negara.Tidak jarang suatu Negara mendapatkan bantuan untuk mencukupi kebutuhan hidup warga negaranya dari organisasi internasional.

Secara umum organisasi internasional dapat diartikan sebagai organisasi bukan Negara yang berkedudukan sebagai subyek hukum internasional dan mempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional.Karena merupakan subyek hukum internasional,organisasi internasional mempunyai hak dan kewajiban yang ditetapkan dalam konvensi –konvensi internasional.

Organisasi internasional pada umumnya beranggotakan Negara-negara. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan organisasi internasional terdiri dari berbagai badan hukum atau badan usaha, tergantung dari sifat organisasi tersebut.

Macam-macam organisasi internasional.

Organisasi internasional yang berdiri didunia sangat banyak dan beragam coraknya. Semua organisasi internasional pada dasarnya sangat di perlukan keberadaannya oleh setiap Negara untuk membantu dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapinya.

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa

Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB.

Berdirinya PBB dimulai dengan adanya peristiwa tanggal 1 september 1939, yaitu tentara Jerman menyerbu Polandia sehingga pecahlah perang dunia kedua.Ini membuktikan bahwa LBB  yang dibentuk oleh Woodrow Wilson ( Presiden AS ) semasa perang dunia pertama tidak mampu mencegah perang dan menciptakan perdamaian dunia.

Kerusakan dan kesengsaraan akibat perang dunia kedua menyebabkan umat manusia sadar akan pentingnya menciptakan perdamaian dunia dengan cara mendirikan PBB pada tanggal 24 Oktober 1945.

Sebelum PBB lahir, ada beberapa peristiwa penting yang dianggap sebagai cikal bakal berdiirinya PBB yaitu :

1. Piagam Atlantik ( Atlantik Charter )

Piagam ini merupakan hasil perundingan antara F.D. Roosevelt ( Presiden AS ) dengan Winston Churchill ( Perdana menteri Inggris pada tanggal 19 Agustus 1941

2Maklumat Bangsa-bangsa ( Declaration of The United Nation )

Maklumat bangsa-bangsa merupakan hasil dari pertemuan 26 negara yang diadakan di Washington DC , Amerika serikat. Dalam maklumat tersebut disetujui program-program sebagaimana tercantum dalam Atlantik Charter. Maklumat ini ditandatangani pada tanggal 1 Januari 1942 oleh empat pimpinan Negara :

  1. Maxim Letinov dari Uni  Soviet
  2. F.D. Roosevelt dari Amerika Serikat
  3. Winston Churchill dari Inggris
  4. T.V. Soong dari Republik Rakyat Cina

3.  Maklumat Moskow

Maklumat ini ditandatangani pada tanggal 30 Oktober 1943. Maklumat Moskow ini merupakan penegasan bahwa keempat Negara perintis Maklumat Bangsa-bangsa mengakui perlunya perdamaian dan keamanan internasional. Oleh karena itu perlu didirikan organisasi internasional yang berdasar pada persamaan kedaulatan Negara dan terbuka bagi tiap-tiap Negara.

4.  Dumbarton Oaks Proposals

Keempat Negara yang menandatangani Maklumat Moskow setahun kemudian mengadakan pertemuan lanjutan di Dumbarton Oaks Amerika serikat. Hasil pertemuan ini dikenal dengan nama Dumbarton Oaks Proposal yang ditandatangani pada tanggal 7 Oktober 1944

5.  Konferensi San Fransisco

Konferensi San Fransisco dibuka pada tanggal 25 April 1945 bertempat di Gedung Komedi dan dihadiri oleh 51 utusan Negara. Konferensi berlangsung sampai tanggal 26 Juni 1945 dan berhasil merumuskan Piagam perdamaian ( Piagam PBB ). Piagam ini ditandatangani oleh 51 utusan Negara yang hadir dalam konferensi tersebut.Piagam ini mulai berlaku tanggal 24 Oktober 1945 dan tanggal tersebut diperingati sebagai hari berdirinya PBB.

negara peserta yang menghadiri Konferensi San Fransisco disebut anggota asli PBB.

Sejak didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 192 negara menjadi anggota PBB. Semua negara yang tergabung dalam wadah PBB menyatakan independensinya masing-masing, selain Vatikan dan Takhta Suci serta Republik Cina (Taiwan) yang tergabung dalam wilayah Cina pada 1971.

Hingga tahun 2007 sudah ada 192 negara anggota PBB. Sekretaris Jenderal PBB saat ini adalah Ban Ki-moon asal Korea Selatan yang menjabat sejak 1 Januari 2007

Tujuan dan asas PBB

PBB mempunyai tujuan sebagai berikut.
a. Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
b. Mengembangkan hubungan persaudaraan antarbangsa.
c. Mengadakan kerja sama internasional.
d. Sebagai pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara yang membahayakan

Perdamaian Dunia.

Asas  PBB

a.   PBB didirikan atas dasar persamaan kedaulatan dari semua Negara anggota

b. Semua anggota dengan I,tikat baik harus melaksanakan kewajiban-kewajiban yang telah  disetujui

c. Sengketa internasional akan diselesaikan dengan cara damai sehingga tidak membahayakan    perdamaian,keamanan,dan keadilan internasional

d. Dalam melaksanakan hubungan internasional semua anggota harus mencegah tindakan-tindakan yang berupa ancaman atau kekerasan terhadap hak kedaulatan atau kemerdekaan politik Negara lain.

e. Semua anggota harus membantu PBB dalam tindakan-tindakannya yang diambil berdasarkan ketentuan Piagam

f. PBB akan menjaga agar Negara-negara yang bukan anggota bertindak sesuai dengan asas-asas yang ditetapkan oleh PBB

g. PBB tidak akan campur tangan dalam masalah –masalah dalam negeri dari setiap anggota atau mengharuskan penyelesaian masalah itu menurut ketentuan  Piagam.

Keanggotaan PBB terdiri dari 2 macam, yaitu:

  1. Anggota asli (orginal members) yang terdiri dari 50 negara yang menandatangani Piagam San Fransisco 26 Juni 1945. Pada tanggal 15 Oktober 1945 Polandia menyusul sehingga menjadi 51 negara.
  2. Anggota tambahan, yakni negara-negara anggota PBB yang masuk kemudian berdasar syarat-syarat disetujui Majelis Umum PBB.

Syarat-syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. Negara merdeka.
  2. Negara yang cinta damai.
  3. Sanggup mematuhi ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Piagam PBB.
  4. Diusulkan oleh Dewan Keamanan dan disahkan oleh Majelis Umum PBB.

Struktur Organisasi PBB

PBB terdiri dari enam badan terpenting, yaitu :

  1. Majelis Umum ( General Assembly )
  2. Dewan Keamanan ( Security Council )
  3. Dewan ekonomi dan Sosial ( Ecomomic and Social Council)
  4. Dewan perwalian ( Trusteeship Council )
  5. Mahkamah Internasional ( International Court of Justice )
  6. Sekretariat ( Secretary )

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa

Majelis Umum PBB atau Sidang Umum PBB adalah salah satu dari enam badan utama PBB. Majelis ini terdiri dari anggota dari seluruh negara anggota dan bertemu setiap tahun dibawah seorang Presiden Majelis Umum PBB yang dipilih dari wakil-wakil. Pertemuan pertama diadakan pada 10 Januari 1946 di Hall Tengah Westminster di London dan termasuk wakil dari 51 negara.

Pertemuan ini biasanya dimulai di Selasa ketiga bulan September dan berakhir pada pertengahan Desember. Pertemuan khusus dapat diadakan atas permintaan dari Dewan Keamanan, mayoritas anggota PBB. Pertemuan khusus diadakan pada Oktober 1995 untuk memperingati perayaan 50 tahun PBB
Tugas dan kekuasaan Majelis Umum

  1. pelaksaan perdamaian dan keamanan internasional ;
  2. kerja sama dilapangan perekonomian dan masyarakat internasional ;
  3. sistem perwakilan internasional ;
  4. keterangan-keterangan mengenai daerah-daerah yang belum mempunyai pemerintah sendiri ;
  5. urusan keuangan ;
  6. penerapan keanggotaan dan penerimaan anggota ;
  7. perubahan piagam ;
  8. hubungan dengan alat-alat perlengkapan lain ;

Badan-badan PBB yang berada dibawah lingkungan Majelis Umum PBB adalah sebagai berikut :

  1. UNHCR (United Nations High Comissioner for Refugees) atau Komisi Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tugasnya melindungi hak-hak pengungsi di seluruh dunia.

  1. UNICEF (United Nations International Childrens Emergency Fund)

UNICEF adalah Organisasi Dana Perkembangan anak-anak Internasional PBB. Tugasnya memberikan bantuan dalam rangka menyejahterakan ibu dan anak. UNICEF didirikan pada tanggal 11 1946 di New York, Amerika Serikat.

  1. UNDP (United Nations Development Programme) atau program pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Tugasnya memberikan bantuan, terutama untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dewan Keamanan PBB adalah badan terkuat di PBB. Tugasnya adalah menjaga perdamaian dan keamanan antar negara.

Sedang badan PBB lainnya hanya dapat memberikan rekomendasi kepada para anggota, Dewan Keamanan mempunyai kekuatan untuk mengambil keputusan yang harus dilaksanakan para anggota di bawah Piagam PBB.

Dewan Keamanan mengadakan pertemuan pertamanya pada 17 Januari 1946 di Church House, London dan keputusan yang mereka tetapkan disebut Resolusi Dewan Keamanan PBB

Dewan ini mempunyai lima anggota tetap. Mereka aslinya adalah kekuatan yang menjadi pemenang Perang Dunia II yang memiliki hak Veto, yaitu hak membatalkan suatu keputusan . Dalam persidangan apabila salah satu anggota tetap memveto keputusan, maka keputusan tersebut dibatalkan. Anggota tetap dewan keamanan PBB ini adalah :

  1. Republik Cina
  1. Perancis
  2. Uni Soviet
  3. Britania Raya ( Inggris )
  4. Amerika Serikat

Republik China dikeluarkan pada 1971 dan digantikan oleh Republik Rakyat Cina. Setelah Uni Soviet pecah, Rusia masuk menggantikannya.

Dengan itu, anggota tetapnya kini adalah:

  1. Republik Rakyat Cina
  1. Perancis
  2. Rusia
  3. Inggris
  4. Amerika Serikat

Kelima anggota tersebut adalah negara-negara yang boleh mempunyai senjata nuklir di bawah Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir.

Sepuluh anggota lainnya dipilih oleh Sidang Umum PBB untuk masa bakti 2 tahun yang dimulai 1 Januari, dengan lima dari mereka diganti setiap tahunnya.

Anggota dewan keamanan yang dipilih untuk saat ini dari tanggal 1 Januari 2009 – 31 Desember 2010 adalah:

  1. Negara Austria blok regional Eropa Barat dan lainnya
  2. Negara Jepang blok regional Asia
  3. Negara Meksiko blok regional Amerika Latin dan Karibia
  4. Negara Turki blok regional Eropa Barat dan lainnya
  5. Negara Uganda blok regional afrika

Tugas dan fungsi Dewan keamanan PBB

Dalam hal mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional diserahkan kepada dewan keamanan, dengan syarat; semua tindakan dewan keamanan tersebut harus selaras dengan tujuan dan azas-azas PBB, tugas dan kewajiban dewan keamanan dapat dibagi atas beberapa golongan, yaitu :

  1. Menyelesaikan perselisihan dengan cara-cara damai, yaitu dengan cara yang didasarkan atas; persetujuan sukarela atau paksaan hukum dalam menjalankan persetujuan.
  2. Mengambil tindakan-tindakan terhadap ancaman perdamaian dan perbuatan yang berarti penyerangan.

Sedangkan fungsi Dewan Keamanan sebagai berikut:

  1. Memelihara perdamaian dan keamanan internasionaal selaras dengan azas-azas dan tujuan PBB.
  2. Menyelidiki tiap-tiap persengketaan atau situasi yang dapat menimbulkan pergeseran internasional
  3. Mengusulkan metode-metode untuk menyelesaikan sengketa-sengketa yang demikian atau syarat penyelesaian.
  4. Merumuskan rencana-rencana untuk menetapkan suatu sistem mengatur persenjataan
  5. Menentukan adanya suatu ancaman terhadap perdamaian atau tindakan agresi dan mengusulkan tindakan apa yang harus diambil
  6. Menyerukan untuk mengadakan sanksi-sanksi ekonomi dan tindakan lain yang bukan perang untuk mencegah atau menghentikan agresor
  7. Mengadakan aksi militer terhadap seorang agresor
  8. Mengusulkan pemasukan anggota-anggota baru dan syarat-syarat dengan negara-negara mana yang dapat menjadi pihak dalam setatus mahkamah internasional
  9. Melaksanakan fungsi-fungsi perwakilan PBB di daerah “strategis”.
  10. Mengusulkan kepada majelis umum pengangkatan seorang sekretaris jendral, dan bersama–sama dengan majelis umum, pengangkatan para hakim dari mahkamah internasional
  11. Menyampaikan laporan tahunan kepada majelis umum

Dalam menjalankan tugasnya, Dewan Keamanan dibantu badan-badan dan program khusus seperti :

  1. UNIFIL : Pasukan sementara PBB di Libanon
  1. UNIIMOG : Pasukan peninjau militer di IranIrak
  2. UNTAC : Pasukan sementara di Kamboja

Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dewan Ekonomi dan Sosial ini terdiri atas 18 anggota dengan hak yang sama selama 3 tahun. Tugas Dewan Ekonomi dan Sosial :

  1. Mengadakan penyelidikan dan menyusun laporan tentang soal-soal ekonomi, sosial, pendidikan, dan kesehatan di seluruh dunia
  1. Membuat rencana perjanjian tentang soal tersebut dengan negara-negara anggota untuk diajukan kepada Majelis Umum
  2. Mengadakan pertemuan-pertemuan internasional tentang hal-hal yang termasuk tugas dan wewenangnya

Dalam menjalankan tugasnya, Dewan Ekonomi dan Sosial ini dibantu oleh badan-badan khusus seperti :

  1. UNESCO (United Nations Educational Scientific And Cultural Organization)

UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB. Tugasnya memajukan kerja sama antarbangsa melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam rangka penegakan hukum, penegakan hak asasi manusia, dan penegakan keadilan.

UNESCO berdiri pada tanggal 4 November 1946 yang berkedudukan di Paris, Perancis.

  1. 2. WHO (World Health Organization)

WHO adalah Organisasi Kesehatan Sedunia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 7 April 1948 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tugasnya meningkatkan kesehatan bagi semua orang.

  1. 3. FAO (Food and Agricultural Organization)

FAO adalah Organisasi Bahan Makanan dan Pertanian. FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 yang berkedudukan di Roma, Italia. Tugasnya meningkatkan efisiensi dan distribusi makanan dan hasil-hasil pertanian ke berbagai pelosok dunia.

  1. 4. ILO (International Labour Organization)

ILO adalah Organisasi Perburuhan Internasional. Organisasi ini didirikan pada tanggal 11 April 1919 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1946 organisasi ini diterima

sebagai organisasi khusus dalam PBB. Organisasi ini bertugas memperbaiki taraf hidup dan aturan perburuhan

  1. 5. IBRD (International Bank for Reconstruction And Development)

IBRD adalah Bank Dunia untuk Pembangunan dan Perkembangan. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.

  1. 6. IMF (International Monetary Fund)

IMF adalah Dana Moneter Internasional. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington DC Amerika Serikat. IMF bertujuan memajukan kerja sama di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan sehingga memperluas kesempatan kerja

  1. 7. UNHCR (United Nation High Commissioner for Refugees)

Organisasi PBB yang mengurus para pengungsi

  1. 8. GATT ( General Agreement on Tariff and Trade )

Persetujuan umum tentang tarif dan perdagangan. Badan ini didirikan pada tanggal 1 januari 1948 dan bermarkas di Jenewa. Tujuannya untuk menentukan standar tariff dan perdagangan internasional.

Dewan Perwalian Perserikatan Bangsa-Bangsa

Dewan Perwalian PBB adalah suatu sistem perwalian internasional lebih jauh telah didirikan oleh anggota PBB untuk mengatur pemerintah daerah-daerah yang    ditempatkan di bawah pengawasan PBB melalui persetujuan-persetujuan perwalian   individual. (daerah-daerah yang demikian oleh karena itu disebut “daerah-daerah perwalian”
Tujuan di bentuknya Dewan Perwalian PBB

  1. memelihara perdamaian dan keamanan internasional
  2. mengusahakan kemajuan penduduk daerah perwalian agar mereka mencapai pemerintahan sendiri atau kemerdekaan
  3. memberi dorongan agar mengakui dan menghormati hak-hak manusia dari rakyat-rakyat di dunia
  4. memastikan perlakuan yang sama di daerah perwalian dalam persoalan-persoalan sosial, ekonomi, dan komersial untuk semua anggota PBB dan kebangsaan mereka, serta perlakuan yang sama bagi kebangsaan semua anggota dalam mengatur keadilan di daerah-daerah yang di ambil dari negara-negara musuh akibat perang dunia kedua dan yang secara sukarela ditempatkan dibawah sistem perwalian..

Tugas dan hak Dewan Perwalian

Dewan Perwalian bertugas untuk menjalankan kewajiban Majelis Umum dalam hal-hal yang berhubungan dengan daerah-daerah perwalian, kecuali daerah-daerah strategis yang diurus oleh Dewan Keamanan. Atas dasar penyerahan kuasa itu Dewan Perwalian diberi hak untuk :

  1. Menimbang laporan-laporan yang disampaikan oleh negara-negara penguasa
  2. Menerima surat-surat permintaan lalu menyelidikinya secara bersamaan dengan negara-negara penguasa
  3. Menyelenggarakan kunjungan berkala ke masing-masing daerah perwalian yang disetujui oleh Negara penguasa
  4. Menjalankan pekerjaan-pekerjaan dengan syarat-syarat persetujuan perwalian

Keanggotaan

Dewan Perwalian terdiri dari 3 golongan anggota ,yaitu :

  1. Anggota-anggota yang menguasai daerah perwalian
  2. Anggota-anggota tetap dewan keamanan yang tidak menguasai daerah perwakilan (Rusia dan Tiongkok)
  3. Sejumlah anggota yang dipilih untuk 3 tahun oleh majelis umum sehingga anggota-anggota yang memegang perwalian sama banyaknya dengan anggota-anggota yang tidak memegang perwalian

Mahkamah Internasional

Mahkamah Internasional (bahasa Inggris: International Court of Justice) berkedudukan di Den Haag, Belanda . Mahkamah merupakan badan kehakiman yang terpenting dalam PBB . Dewan keamanan dapat menyerahkan suatu sengketa hukum kepada mahkamah Internasional.

Anggotanya terdiri atas ahli hukum dari berbagai Negara dengan masa jabatan 9 tahun.

Hakim-hakim dipilih atas dasar kecakapan mereka, bukan atas dasar kebangsaan akan tetapi diusahakan untuk menjamin bahwa sistem-sistem hukum yang terpenting didunia diwakili oleh mahkamah..

Tugas dan wewenang Mahkamah Internasional

  1. Memeriksa perselisihan di antara Negara-negara  anggota PBB
  2. Memberikan pendapat kepada Majelis Umum PBB tentang penyelesaian sengketa diantara Negara anggota PBB
  3. Memberikan nasehat tentang persoalan hokum kepada Majelis Umum dan Dewan keamanan PBB

Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa

Sekretariat PBB adalah salah satu badan utama dari PBB dan dikepalai oleh seorang Sekretaris Jendral PBB, dibantu oleh satu staff pekerja sipil internasional. Badan ini menyediakan penelitian, informasi, dan fasilitas yang dibutuhkan oleh PBB untuk rapat-rapatnya. Badan ini juga membawa tugas seperti yang diatur oleh Dewan Keamanan PBB, Sidang Umum PBB, Dewan Ekonomi dan Sosial PBB dan badan PBB lainnya. Piagam PBB menyediakan para staff dipilih berdasarkan aplikasi standar efisiensi, kompeten, dan integritas tertinggi, dikarenakan kepentingan mengambil dari tempat geografi yang luas.

Fungsi-fungsi sekretaris jendral

  1. Sebagai kepala administratif dari PBB
  1. Membawa dihadapan perhatian dewan keamanan setiap persoalan yang menurut pendapatnya membahayakan perdamaian dan keamanan internasional
  2. Membuat laporan tahunan dan tiap-tiap laporan tambahan yang perlu pada majelis umum mengenai pekerjaan PBB

Sekretaris Jendral

Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak berdirinya berjumlah 8 orang yaitu :

  1. Trygve Lie, Norwegia ( 2 Pebruari 1946– 10 Nopember 1953)
  1. Dag Hammarskjöld, Swedia (10 April 1953– 18 September 1961)
  2. U Thant, Burma (30 Nopember 1961– 31 Desember 1971)
  3. Kurt Waldheim, Austria (1 Januari 1972– 31 Desember 1981)
  4. Javier Pérez de Cuéllar, Peru ( 1 Januari 1982– 31 Desember 1991)
  5. Boutros Boutros-Ghali, Mesir (1 Januari 1992– 31 Desember 1996)
  6. Kofi Annan, Ghana ( 1 Januari 1997– 31 Desember 2006)
  7. Ban Ki-moon, Korea Selatan ( 1 Januari 2006– 31 Desember 2011 )

Kerjakan tugas  secara perorangan kirim ke e-mail ibu ekoh _odi @yahoo.co.id atau ke FB

  1. Apa yang dimaksud dengan organisasi internasional ? Jelaskan !
  2. Apa yang melatar belakangi berdirinya Perserikatan Bangsa-Bangsa ?
  3. Apa yang dimaksud dengan anggota asli PBB ? dan apakah Indonesia termasuk anggota asli PBB  ? Jelaskan !
  4. Lembaga apakah dalam PBB yang memegang peranan penting dalam menciptakan perdamaian dunia ?
  5. Apa yang dimaksud dengan hak veto ? Sebutkan Negara-negara yang memegang hak Veto !
  6. Badan/lembaga apakah dalam PBB yang dapat membantu Indonesia dalam mengatasi TKI yang bermasalah di Negara lain ? Jelaskan !
  7. Pada saat Indonesia melepaskan Timor Timur lembaga apakah dalam PBB yang bertugas membantu pengungsi di Timor Timur ?
  8. Negara apa sajakah yang diperbolehkan memiliki Nuklir ?  sebutkan !

Published by

hjrifqah

Guru PPkn SMKN 1 Banjarmasin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s